A k i B a n j a r m a s i n

Perawatan Aki Kering untuk Kendaraan: Cara Sederhana dan Pertimbangan Pemilihan

  • Home
  • Berita
  • Perawatan Aki Kering untuk Kendaraan: Cara Sederhana dan Pertimbangan Pemilihan
GS Astra Furukawa Battery Yuasa GForce Emtrac Incoe
  • By Admin

Perawatan Aki Kering untuk Kendaraan: Cara Sederhana dan Pertimbangan Pemilihan

Perawatan aki kering merupakan aspek penting dalam menjaga ketahanan dan kinerja kendaraan. Aki adalah komponen vital pada mobil yang memerlukan perhatian khusus untuk menjaga daya tahan dan kinerjanya.

Ketika datang ke jenis aki, terdapat dua varian utama: aki basah dan aki kering. Jika aki basah memerlukan pengisian ulang air secara berkala, aki kering memerlukan jenis perawatan yang berbeda.

Dalam situasi di mana kendaraan lebih sering terparkir di rumah, seperti saat ini, terutama selama masa pandemi, penting untuk tetap memberikan perawatan terbaik kepada kendaraan Anda.

Oleh karena itu, berikut beberapa langkah perawatan aki kering yang dapat dilakukan sendiri untuk menjaga kinerja optimal aki dan memperpanjang umurnya.

1. Rutin Menyalakan Mesin

Penting untuk rutin menyalakan mesin kendaraan setiap hari, bahkan jika Anda tidak berencana menggunakannya. Ini membantu menjaga kinerja mesin dan mencegah penurunan performa. Praktik ini akan meningkatkan kesehatan aki dan memastikan kondisi listrik tetap terjaga.

2. Menjaga Kebersihan Permukaan Aki

Membersihkan permukaan aki secara teratur sangat penting. Kotoran dan kerak yang menumpuk dapat menyumbat komponen aki, mengganggu proses penguapan aki, dan mempercepat penurunan kinerja. Membersihkan aki secara berkala akan membantu mencegah masalah ini.

3. Matikan Perangkat Elektronik saat Mesin Mati

Mematikan perangkat elektronik seperti Head Unit saat mesin dimatikan adalah langkah yang dapat menghemat daya aki. Perangkat elektronik yang tetap aktif saat mesin dimatikan akan menggunakan daya dari aki, yang pada akhirnya dapat mempercepat kehabisan daya aki.

4. Mengelola Beban Listrik pada Aki

Mengelola beban listrik pada aki juga sangat penting. Setiap kendaraan memiliki total daya listrik yang berbeda, tergantung pada jumlah perangkat listrik yang dipasang. Mengelola tegangan perangkat listrik dan mempertimbangkan modifikasi sistem dapat membantu menurunkan beban aki secara efektif.

Pertimbangan Pemilihan Aki Kering atau Aki Basah

Memilih antara aki kering dan aki basah dapat didasarkan pada beberapa pertimbangan:

- Daya Tahan

Perawatan aki kering dan aki basah memiliki daya tahan yang hampir sama. Dengan perawatan yang tepat, keduanya dapat bertahan selama satu hingga dua tahun.

- Harga

Aki kering cenderung memiliki harga lebih tinggi daripada aki basah. Namun, di lingkungan tropis seperti Indonesia, aki kering lebih disukai karena daya tahan terhadap penguapan yang lebih baik.

- Ketahanan

Aki kering umumnya lebih praktis dan mudah dalam perawatannya. Mereka lebih dapat diandalkan dalam kondisi medan yang sulit dibandingkan dengan aki basah yang rentan terhadap tumpahan cairan.

Jadi, dalam memilih jenis aki, pertimbangkan kebutuhan dan kondisi lingkungan tempat kendaraan digunakan.

Dengan memahami perawatan aki kering dan pertimbangan antara aki kering dan aki basah, diharapkan dapat membantu menjaga kinerja aki kendaraan Anda. Selalu disarankan untuk melakukan servis reguler ke bengkel atau toko aki mobil untuk memastikan aki dalam kondisi optimal.

Mobil Mogok Karena Aki Drop?

Tenang, Ada Kami!

Kami memahami betapa pentingnya keadalan aki dalam menjaga kinerja mobil Anda.

Hubungi kami sekarang untuk informasi lebih lanjut atau langsung pesan aki untuk mobil Anda.

Solusi Aki Mobil Berkualitas

Aki Banjarmasin

Penyedia aki mobil terkemuka dan terpercaya di Banjarmasin yang siap memberikan kenyamanan dan kehandalan dalam setiap perjalanan kendaraan pelanggan.